TERAPI AN-NUR : SEHAT DAN SEMBUH TANPA OBAT

Jumat, 28 Agustus 2009

Risiko penyakit ginjal dan proteinuria

INSYA ALLAH DENGAN PRIMASAUDA PLUS EMUA JENIS PENYAKIT GINJAL BISA DICEGAH DAN DIOBATI. AMIN DETAIL KLIK http://primasaudaplus.blogspot.com HUB : 085227044550 / 021-91913103

Risiko penyakit ginjal dan proteinuria

Suatu studi baru menunjukkan bahwa adanya protein yang terbuang dalam urin dapat mengidentifikasi risiko penyakit ginjal. Pengukuran ini merupakan pemeriksaan penunjang sederhana dan murah, serta cukup menjanjikan bagi penderita penyakit ginjal kronik (PGK), sehingga dapat diambil sebagai langkah awal untuk tindakan pencegahan.

Setiap tahun semakin banyak individu didiagnosis PGK, tetapi banyak pula orang yang tidak menyadari risiko terkena PGK. Salah satu studi yang menilai tingginya protein pada urin dan risiko mendapatkan PGK adalah penelitian yang dipimpin oleh Ronald T. Gansevoort, MD, PhD, dari Universitas Gronigen, Belanda. Beliau meneliti lebih dari 40.000 sampel urin yang diukur kadar proteinnya dan dipantau selama 9 tahun.

Ternyata dari semua pasien yang memiliki peningkatan kadar protein urin, lebih dari setengahnya memulai dialisis atau melakukan transplantasi ginjal selama studi. Dari hasil penelitan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa pada individu dengan kadar protein urin tinggi, terjadi peningkatan risiko hilangnya fungsi ginjal, sehingga pasien memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal. Semakin tinggi kadar protein urin, semakin tinggi risiko pasien memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal dan semakin cepat penurunan fungsi ginjal.
“Berdasarkan temuan tersebut, kami menyarankan pasien dengan kadar protein urin yang tinggi hendaknya berkonsultasi pada dokter atau pergi ke pusat kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut dan memulai terapi pencegahan untuk melindungi ginjal,” jelas dr. Gansevort.

Studi ini juga menunjukkan bahwa pendekatan melalui pengukuran protein dalam urin ini cukup efektif dalam mencegah penyakit jantung dan pada beberapa kelompok dengan risiko tinggi terjadi proteinuria menjadi sangat bermanfaat, sehingga kebutuhan untuk melakukan dialisis dapat dicegah.

Referensi: Healthy People With High Urinary Protein Levels Have Elevated Kidney Disease Risk.
http://www.sciencedaily.com/. Februari 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PAKET C : KEJAR PAKET C : PENYETARAAN SMA HUBUNGI 085227044550

Daftar Blog Saya