TERAPI AN-NUR : SEHAT DAN SEMBUH TANPA OBAT

Kamis, 12 November 2009

Efek-Efek Sampingan dari Perawatan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

OBAT KANKER SERVIKS NO : 1

Efek-Efek Sampingan dari Perawatan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Karena perawatan kanker seringkali merusak sel-sel dan jaringan-jaringan yang sehat, efek-efek sampingan yang tidak dikehendaki adalah umum. Efek-efek sampingan terutama tergantung dari tipe dan luasnya perawatan. Efek-efek sampingan mungkin tidak sama untuk setiap wanita, dan mereka mungkin berubah dari satu sesi perawatan ke yang berikutnya. Sebelum perawatan mulai, regu pelayanan kesehatan anda akan menjelaskan efek-efek sampingan yang mungkin dan menyarankan cara-cara untuk membantu anda mengendalikan mereka.

Pembedahan

Itu memakan waktu untuk sembuh setelah pembedahan, dan watu kesembuhan adalah berbeda untuk setiap wanita. Anda mungkin tidak enak untuk beberapa hari pertama. Bagaimanapun, obat biasanya dapat mengontrol nyerinya. Sebelum pembedahan, anda harus mendiskusikan rencana untuk menghilangkan nyeri dengan dokter atau suster anda. Setelah operasi, dokter anda dapat menyesuaikan rencana jika anda memerlukan lebih banyak penghilangan nyeri.

Jika anda mempunyai pembedahan (operasi) untuk mengangkat suatu tumor kecil pada permukaan leher rahim (cervix), anda mungkin mempunyai cramping atau nyeri lain, perdarahan, atau suatu kotoran yang berbentuk air (watery discharge).

Jika anda mempunyai suatu hysterectomy, lamanya tinggal dirumah sakit dapat bervariasi dari beberapa hari sampai satu minggu. Adalah biasa untuk merasa lelah atau lemah untuk sementara. Anda mungkin mempunyai persoalan-persoalan dengan mual dan muntah, dan anda mungkin mempunyai persoalan-persoalan kandung kemih dan usus besar. Dokter mungkin membatasi diet anda pada cairan-cairan pada pertamanya, dengan suatu kembalinya ke makanan padat secara berangsur-angsur. Kebanyakan wanita-wanita kembali ke aktivitas-aktivitas normalnya dalam 4 sampai 8 minggu setelah operasi.

Setelah suatu hysterectomy, wanita-wanita tidak lagi mempunyai periode-periode menstrual. Mereka tidak dapat hamil.

Ketika indung-indung telur diangkat, menopause terjadi dengan segera. Rasa panas dan gejala-gejala menopause lainnya yang disebabkan oleh operasi mungkin lebih parah daripada yang disebabkan oleh menopause secara alamiah. Anda mungkin menghendaki untuk mendiskusikan ini dengan dokter anda sebelum operasi. Beberapa obat-obat telah menunjukan membantu gejala-gejala ini, dan mereka mungkin lebih efektif jika dimulai sebelum operasi.

Setelah operasi, beberapa wanita-wanita mungkin khwatir tentang keintiman seksual. Banyak wanita-wanita menemukan bahwa itu bermanfaat untuk berbagi kekhwatiran-kekhwatiran ini dengan mitra mereka. Sepasang pasangan mungkin ingin meminta seorang penasehat membantu mereka mengutarakan kekhwatiran-kekhwatiran mereka.

Terapi Radiasi

Efek-efek sampingan tergantung terutama pada dosis radiasi dan bagian tubuh anda yang dirawat. Radiasi pada perut (abdomen) dan pelvis dapat menyebabkan mual, muntah, diare, atau persoalan-persoalan tentang air kencing. Anda mungkin kehilangan rambut di area kemaluan anda. Juga, kulit anda di area yang dirawat dapat menjadi merah, kering, dan perih.

Anda mungkin mempunyai kekeringan, gatal, atau rasa terbakar di vagina anda. Radiasi mungkin juga membuat vagina anda lebih sempit. Dokter atau suster mungkin menyarankan cara-cara untuk menghilangkan ketidakenakan ini. Juga ada cara-cara untuk melebarkan vagina, yang mana akan membantu membuat pemeriksaan-pemeriksaan follow-up lebih mudah. Dokter anda mungkin menganjurkan anda untuk tidak berhubungan seksual selama perawatan. Namun kebanyakan wanita-wanita dapat mulai lagi aktivitas seksual dalam beberapa minggu setelah perawatan berakhir.

Anda kemungkinan menjadi sangat lelah selama terapi radiasi, terutama pada minggu-minggu dikemudiannya dari perawatan. Istirahat adalah penting, namun dokter-dokter biasanya menasehati pasien-pasien untuk tetap aktif sebisa mereka.

Meskipun efek-efek sampingan terapi radiasi dapat menyusahkan (distressing), dokter anda biasanya dapat mencari cara-cara untuk menghilangkan mereka.

Kemoterapi

Efek-efek sampingan dari kemoterapi tergantung terutama pada obat-obat khusus dan dosisnya. Obat-obat mempengaruhi sel-sel kanker dan sel-sel lain yang membelah dengan cepat:

  • Sel-sel darah: Sel-sel ini melawa infeksi, membantu darah anda untuk menggumpal, dan membawa oksigen keseluruh bagian-bagian tubuh. Jika obat-obat mempengaruhi sel-sel darah anda, anda lebih mungkin mendapat infeksi, memar atau mudah berdarah, dan merasa sangat lemah dan lelah.
  • Se-sel pada akar-akar rambut: Kemoterapi dapat menyebabkan anda kehilangan rambut anda. Rambut akan tumbuh kembali, namun ia akan dalam warna dan susunan (texture) yang berbeda.
  • Sel-sel yang melapisi saluran pencernaan: Kemoterapi dapat menyebabkan suatu ketidaknafsuan makan, mual dan muntah, diare, atau luka-luka mulut dan bibir.

Obat-obat yang digunakan untuk kanker leher rahim juga dapat menyebabkan ruam kulit (skin rash), persoalan-persoalan pendengaran, kehilangan keseimbangan, nyeri sendi, atau kaki-kaki yang bengkak.

Dokter anda dapat menyarankan cara-cara mengontrol banyak dari efek-efek sampingan ini.

Pengobatan Pelengkap dan Alternatif

Beberapa orang dengan kanker menggunakan pengobatan pelengkap dan alternatif [complementary and alternative medicine (CAM)] untuk meringankan stres atau mengurangi efek-efek sampingan dan gejala-gejala:

  • Suatu pendekatan umumnya disebut pengobatan pelengkap jika ia digunakan bersama dengan perawatan standar.
  • Suatu pendekatan disebut pengobatan alternatif jika ia digunakan sebagai pengganti dari perawatan standar.

Akupunktur, terapi urut, produk-produk jamu, vitamin-vitamin atau diet-diet khusus, visualisasi, meditasi, dan penyembuhan spiritual adalah tipe-tipe dari CAM. Banyak orang mengatakan pendekatan-pendekatan seperti itu membantu mereka merasa lebih baik.

Bagaimanapun, beberapa tipe-tipe dari CAM, termasuk vitamin-vitamin tertentu, dapat bertentangan dengan perawatan standar. Menggabungkan CAM dengan perawatan standar mungkin bahkan lebih berbahaya. Sebelum mencoba tipe manapun dari CAM, anda harus mendiskusikan kemungkinan manfaat-manfaatnya dan efek-efek berbahayanya dengan dokter anda.

Beberapa tipe-tipe dari CAM adalah mahal. Asuransi kesehatan mungkin tidak akan mengganti biayanya.

Nutrisi

Adalah penting untuk makan dengan baik selama perawatan kanker. Makan dengan baik berarti mendapat cukup kalori-kalori untuk mempertahankan suatu berat badan yang baik dan protein yang cukup untuk mempertahankan kekuatan anda. Nutrisi-nutrisi baik seringkali membantu orang-orang dengan kanker merasa lebih baik dan mempunyai lebih banyak energi.

Namun makan dengan baik dapat menjadi sulit. Anda mungkin tidak ingin makan jika anda tidak merasa enak atau anda lelah. Juga , efek-efek sampingan perawatan (seperti tidak nafsu makan, mual, muntah, atau luka-luka mulut) dapat menjadi suatu persoalan. Beberapa orang merasakan bahwa makanan tidak enak rasanya selama terapi kanker.

Dokter, seorang ahli diet, atau penyedia pelayanan kesehatan lainnya dapat menyarankan cara-cara untuk mempertahankan suatu diet yang sehat.

SUMBER : http://www.totalkesehatananda.com/cervix6.html



UNTUK PEMESANAN SEMAUA PRODUK HOLISTIC BIO MEDICINE SILAHKAN HUBUNGI BADRUDIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id//
Secara filosofi dapat dikatakan bahwa Konsep Kesehatan Holistic mengacu pada garis-garis yang telah ditetapkan Allah SWT (sunatullah), karena pelanggaran terhadap sunatullah akan mengakibatkan penyakit atau bencana-bencana lainnya. Diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, pernah bersabda bahwasanya penyakit berasal dari perut. Selain itu diriwayatkan pula bahwa Rasullullah dalam menjaga kesehatan mengacu kepada beberapa hall seperti:

- Makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

- Tidur di awal malam dan bangun sebelum masuk waktu sholat Subuh serta tidak tidur lagi, begitupula tidak tidur setelah sholat Ashar.

- Selalu hidup optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PAKET C : KEJAR PAKET C : PENYETARAAN SMA HUBUNGI 085227044550

Daftar Blog Saya