TERAPI AN-NUR : SEHAT DAN SEMBUH TANPA OBAT

Selasa, 01 September 2009

Perawatan Kulit Untuk Mencegah dan Menghambat Penuaan Dini

Written by Miedha Kurnia
Friday, 15 May 2009 13:23

CEGAH PENUAAN DINI DENGAN KONSUMSI RUTIN PRODET. DETAIL KUNJUNGI http://prodet.blogspot.com

Tampil cantik segar dengan kulit mulus berseri merupakan dambaan setiap orang terutama kaum wanita, oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk dapat tampil cantik dengan kulit yang mulus. Pemeliharaan kulit memerlukan perhatian yang khusus karena kulit terutama kulit muka merupakan organ yang sensitif terhadap perlakukan dan rangsangan.

Berbagai faktor seperti cuaca, kosmetik, makanan dan obat-obatan, serta faktor stress, dan kelelahan dapat menjadi penyebab gangguan pada kecantikan kulit. Salah satu masalah saat ini yang berkaitan dengan kulit yaitu penuaan dini. Kulit secara otomatis memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat radikal bebas, namun tidak seluruh kerusakan itu dapat tertanggulangi. Akibatnya sel-sel menjadi tidak normal dan mengganggu proses metabolisme secara keseluruhan hingga pada akhirnya berakibat menurunnya fungsi seluruh tubuh dan terjadilah proses menua. Proses menua akan terjadi pada seluruh organ tubuh, salah satunya yang sangat nampak adalah kulit.

Pada proses penuaan, kulit terlihat menjadi kering, kasar, kendur, dan kehilangan elastisitasnya, terdapat bercak atau noda coklat kehitaman, keriput, adanya regangan kulit, hilangnya penyangga, timbul lipatan pada leher, dan garis-garis ketuaan di wajah. Permasalahan kulit yang sering dialami adalah kulit kering dan kasar yang disebabkan kemunduran fungsi produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon, sedangkan kulit keriput karena defisitnya jumlah serat kolagen pada lapisan dalam kulit. Proses kerusakan atau penuaan dapat berjalan dalam waktu yang relatif cepat (penuaan dini) apabila kulit tidak terawat, kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh menurun. Tetapi proses penuaan juga dapat dihambat dengan berbagai perawatan dari dalam maupun luar tubuh.

Bahan-bahan alami yang banyak mengandung vitamin C dan E sangat baik untuk peremajaan kulit. Fungsi dari vitamin C dan E antara lain sebagai antioksidan yang memberi perlindungan dari radikal bebas dan melawan efek-efek oksidasi yang dapat menyebabkan efek-efek penuaan. Sumber vitamin C tinggi dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti jeruk lemon, kiwi, jambu biji, mangga, pepaya, dan lain-lain. Sumber vitamin E dapat diperoleh dari kecambah, kacang-kacangan, bayam, alpukat, dan lain-lain. Vitamin C dan E juga berperan dalam pembentukan kolagen yaitu jaringan yang menyangga kulit. Kolagen merupakan kerangka dalam lapisan kulit yang dapat mengeluarkan protein dan zat-zat bagi keremajaan kulit. Kolagen sangat baik untuk mempertahankan kondisi kulit tetap elastis dan kencang. Sumber kolagen juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti ceker ayam. Selain melalui makanan yang bergizi dan seimbang juga diperlukan gerak badan/olahraga dan gaya hidup yang sehat.

Berikut ini contoh beberapa bahan alami dan ramuan dari tumbuhan yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit :

  1. Jus daun lidah buaya + daun sirih, masing-masing secukupnya, direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, disaring, setelah dingin dicampurkan dengan bedak beras dingin lalu digunakan sebagai masker. Air rebusan tadi juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah (sebagai cleansing).
  2. Daun lidah buaya dikupas kulitnya dan diambil bagian dalamnya, dicampur dengan bedak beras dingin hingga merata, lalu dioleskan pada wajah sebagai masker selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
    Catatan : Ramuan tersebut berkhasiat untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, dan mencegah flek.
  3. Daun lidah buaya bagian dalamnya dijus, tambahkan putih telur secukupnya, lalu oleskan seperti memakai masker pada dahi. (untuk mencegah dan menipiskan kerut pada dahi).
  4. Daging buah alpukat dilumatkan hingga lembut, tambahkan ½ sendok minyak zaitun, aduk, lalu gunakan sebagai masker, diamkan hingga kering, lalu dibilas hingga bersih. (untuk melembabkan kulit kering)
  5. Tomat dihaluskan, tambahkan madu, lalu oleskan pada kulit muka, diamkan hingga kering selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih (untuk menghaluskan kulit).
  6. Kentang secukupnya dibersihkan, dikupas dan dihaluskan, campurkan ragi, diaduk, lalu dimaskerkan pada kulit wajah yang terdapat flek hitam hingga kering, lalu dibilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara teratur. (untuk flek hitam).

Sedang masakan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, yaitu :

500 gram ceker ayam dan 15 gram jamur putih kering (direndam hingga lembut), ditim selama ± 4 jam hingga tetesan tim ceker ayam tersebut tertampung sekitar 200 cc, lalu air tim tersebut diminum.

DarkPrince
28 March 2007, 02:42 PM



UNTUK PEMESANAN SEMAUA PRODUK HOLISTIC BIO MEDICINE SILAHKAN HUBUNGI BADRUDIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id//
Secara filosofi dapat dikatakan bahwa Konsep Kesehatan Holistic mengacu pada garis-garis yang telah ditetapkan Allah SWT (sunatullah), karena pelanggaran terhadap sunatullah akan mengakibatkan penyakit atau bencana-bencana lainnya. Diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, pernah bersabda bahwasanya penyakit berasal dari perut. Selain itu diriwayatkan pula bahwa Rasullullah dalam menjaga kesehatan mengacu kepada beberapa hall seperti:

- Makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

- Tidur di awal malam dan bangun sebelum masuk waktu sholat Subuh serta tidak tidur lagi, begitupula tidak tidur setelah sholat Ashar.

- Selalu hidup optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PAKET C : KEJAR PAKET C : PENYETARAAN SMA HUBUNGI 085227044550

Daftar Blog Saya