TERAPI AN-NUR : SEHAT DAN SEMBUH TANPA OBAT

Selasa, 01 September 2009

Manfaat Lempuyang: untuk radang tenggorokkan

GEMUK SEHAT MENAMBAH NAFSU MAKAN ORANG DEWASA DAN ANAK-ANAK. DETAIL KUNJUNGI http://gemuksehatcantik.blogspot.com
Lempuyang yang seukuran jempol yang dikeprek atau digepuk kemudian direbus lalu airnya diminum ternyata bermanfaat. Pada saat amandel akan membengkak, tenggorokan memerah, dan terasa sakit bila digunakan untuk menelan. Bosan belanja obat antibiotika?
Cara Penyajian:
Tidak terlalu rumit untuk mengolah lempuyang yang mudah didapat di pasar itu sehingga siap disajikan sebagai obat.
  • Cukup ambil sepotong lempuyang seukuran ibu jari orang dewasa lalu digepuk atau dikeprek, rebus dengan air sebanyak tiga gelas. Tunggu sampai air tinggal satu gelas, lalu glek-glek, diminum sampai habis. Minum rebusan lempuyang itu sampai tujuh hari berturut-turut. Untuk menambah rasa, boleh campurkan madu satu sendok setiap kali minum
Mengapa lempuyangnya harus digepuk atau dikeprek? dan tidak dipotong-potong? atau dicincang sampai lembut?
Berdasarkan pustaka, tanaman lempuyang ada tiga jenis, yaitu lempuyang emprit (Zingiber amaricans L), lempuyang gajah (Zingiber zerumbert L.), dan lempuyang wangi (Zingiber aromaticum L.).
Lempuyang emprit dan lempuyang gajah berwarna kuning berasa pahit dan secara empiris digunakan untuk menambah nafsu makan.
Lempuyang wangi berwarna lebih putih (kuning pucat), rasa tidak pahit dan berbau lebih harum, sering digunakan sebagai komponen jamu pelangsing.
dari pengalaman, untuk gangguan radang tenggorokan seperti tersebut di atas, ketiga jenis lempuyang yang ada ternyata bermanfaat untuk mengatasinya.
Kaki Bengkak dan Gatal-gatal :pakai Rimpang lempuyang (Zingiber aromaticum) yang antara lain mengandung senyawa zerumbon dan limonen,memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai penelitian, termasuk(LIPI), Lembaga Riset dan Teknologi, serta Balai-balai penelitian tanaman obat tradisional di bawah Departemen Kesehatan RI, membukukan catatan tentang kegunaan lempuyang.
Berikut ini beberapa di antaranya:
Kaki bengkak sehabis melahirkan : Rimpang lempuyang dan cabe jawa dicuci bersih. Lumatkan, beri air, lalu peras dengan kain. Minum airnya.
Ambeien : Lempuyang 3/4 jari dicuci bersih, lalu diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang sedikit garam, lalu peras. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.
Kolik karena kedinginan : Satu rimpang lempuyang dicuci bersih, lalu dibakar. Tambahkan 1/2 jari kunyit, 3 rimpang temu kunci, sepotong kayu ules, 5 biji adas, 11 butir ketumbar, 11 butir merica bolong, 20 helai daun poko segar. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 2 kali sehari, sesudah makan siang dan malam, masing-masing 1/2 gelas.
Menambah nafsu makan : Tiga jari lempuyang dicuci bersih. Parut, lalu tambahkan 3 sendok teh air. Minum air parutan 3 kali sehari masing-masing 1 sendok teh sebelum makan.
AnemiaA.: Tiga jari lempuyang dicuci bersih, tetapi jangan dikupas. Parut beri gula aren, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal segelas.Dinginkan, minum sekaligus, ulangi beberapa kali.B). Dua jari lempuyang dicuci, memarkan, rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
Gatal-gatal : Seibu jari lempuyang dicuci bersih,, lalu parut. Beri 1/2 gelas air, peras, biarkan mengendap. Ambil cairannya untuk diminum sekali sehari sampai sembuh.
Cacingan : Lumatkan 2 jari rimpang lempuyang yang sudah dicuci dan 3 bawang merah kupas, Tambahkan 1/2 gelas, air, peras. Minum 2 kali sehari masing-masing 2 sendok makan.
semoga berhasil!

UNTUK PEMESANAN SEMAUA PRODUK HOLISTIC BIO MEDICINE SILAHKAN HUBUNGI BADRUDIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id//
Secara filosofi dapat dikatakan bahwa Konsep Kesehatan Holistic mengacu pada garis-garis yang telah ditetapkan Allah SWT (sunatullah), karena pelanggaran terhadap sunatullah akan mengakibatkan penyakit atau bencana-bencana lainnya. Diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, pernah bersabda bahwasanya penyakit berasal dari perut. Selain itu diriwayatkan pula bahwa Rasullullah dalam menjaga kesehatan mengacu kepada beberapa hall seperti:

- Makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

- Tidur di awal malam dan bangun sebelum masuk waktu sholat Subuh serta tidak tidur lagi, begitupula tidak tidur setelah sholat Ashar.

- Selalu hidup optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PAKET C : KEJAR PAKET C : PENYETARAAN SMA HUBUNGI 085227044550

Daftar Blog Saya